Skip to content

AGEN ELPIJI: Pertamina tata wilayah kerja LPG

Mei 23, 2012

BANDUNG : Pertamina bakal melakukan penataan pada lembaga penyalurnya di wilayah kerja LPG dan Gas Products Region III yang meliputi Provinsi Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Kalimantan Barat.

General Manager Fuel Retail Marketing Region III Hasto Wibowo mengatakan pihaknya melakukan pendataan ulang terhadap pangkalan dan kemampuan agen elpiji dalam menyalurkan elpiji 3 kg kepada masyarakat dengan menggunakan referensi data pangkalan yang terdaftar.

“Langkah ini sebagai salah satu upaya penyesuaian alokasi elpiji 3 kg yang ditentukan oleh pemerintah,” ujarnya saat jumpa pers sore ini, Selasa 22 Mei 2012.

Kebijakan ini diambil untuk kepentingan konsumen elpiji 3 kg dalam melindungi haknya dan adanya tindakan penyelewengan elpiji 3 kg yang merupakan bahan bakar bersubsidi.

Selain itu pihaknya juga akan membuat kartu kendali bagi pengguna elpiji 3 kg, sehingga akan ada kepastian alokasi elpiji 3 kg kepada masyarakat yang berhak.

Dia memaparkan realisasi penyaluran elpiji 3 kg untuk 2011 sebesar 1,39 juta meter kubik (MT), sementara alokasi untuk 2012 sebesar 1,41 juta MT.

Sementara itu realisasi untuk triwulan I 2012 telah mencapai 375 ribu MT, sehingga apabila tidak ada pengendalian kuota yang ditetapkan pemerintah maka estimasi realisasi sampai akhir 2012 bisa melebih kuota yaitu sekitar 1,5 juta MT.

“Pertamina sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan kepolisian setempat dalam pendistribusian elpiji 3 kg, evaluasi alokasi elpiji, termasuk dalam penetapan harga eceran tertinggi (HET) elpiji 3 kg,” tuturnya.

Selain itu, Pertamina akan melakukan ekstra dropping elpiji 3 kg sebesar maksimum penyaluran 1 hari untuk wilayah-wilayah yang mengalami kesulitan mendapatkan elpiji 3 kg.

Dia mengatakan pihaknya memastikan stok elpiji 3 kg dalam kondisi aman sehingga masyarakat tidak perlu melakukan panic buying dan tetap membeli sesuai kebutuhan.

“Kami harap untuk masyarakat yang mampu untuk menggunakan elpiji 12 kg dan industri menggunakan elpiji 50 kg, sehingga elpiji 3 kg yang bersubsidi lebih dapat tepat sasaran,” katanya.(msb)

Source :
Bisnis Indonesia

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: